Kamis, 15 Oktober 2009

saluran akses internet

SaluranAkses Internet

Kecepatan akses internet dapat diukur berdasarkan bandwith (lebar pita). Bandwith merupakan ukuran banyaknya informasi yang mengalir tiap satuan waktu, atau besarnya kapasitas koneksi internet untuk mentransfer data. Bandwith dapat menunjukan kecepatan aliran data analog maupun digital. Satuan yang digunakan untuk bandwith adalah bit/second (bps) atau kilobit/second (kbps).

Konsep bandwith sangat penting dalam jaringan tetapi mempunyai keterbatasan pada panjang atau jangkauan media/kabel yang digunakan, dan kecepatan maksimal transmisi data pada kabel atau media tersebut.

Saluran-Saluran Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya

Cara-cara untuk mengakses internet, salah satu di antaranya adalah dengan menghubungkan computer kita ke jaringan ke jaringan computer yang telah terhubung oleh internet.

Cara yang lain adalah dengan menggunakan saluran telekomunikasi yang kita miliki.

Akses internet dibagi menjadi 2 macam. Akses dial up dilakukan menggunakan modem dan saluran telepon. Biaya akses ini tergantung pada lamanya akses internet sehingga para pengguna harus memakai seefisien. Akses dedicated memberikan layanan nonstop sehingga biayanya tidak tergantung pada lamanya pengguna mengakses internet.

Saluran Telepon

Saluran telepon digunakan untuk menghubungkan computer ke ISP untuk mengakses internet. Kecepatan akses internet melalui telepon di Indonesia antara 9,6 kbps – 28,8 kbps.

ISDN (Integrated Service Digital Network)

ISDN merupakan layanan telepon digital berkecepatan tinggi. ISDN memberikan kemungkinan akses internet cepat dengan kecepatan hingga 128 kbps.

HDSL (High Data-Rate Digital Subscriber Lines)

HDSL merupakan system yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi, 1,544Mbps – 2,048Mbps. Akses internet ini cocok digunakan untuk gedung – gedung perkantoran karena aksesnya cepat.

SDSL (symmetrical digital subscriber line)

Disebut symmetric karena kecepatan aliran data untuk upload sama dengan kecepatan aliran data selama download. jangkauanSDSL tak lebih dari 3 km, di mana pada jarak tersebut kecepatan aliran datanya mencapai 6 Mbps saluran ini cocok untuk Lan atau kompleks perumahan.

ADSL (asymmetric digital subscriber line)

Kecepatan untuk kirim data berbeda dengan kecepatan untuk menerima data. Kecepatan ustrean data mencapai 8 Mbps, sedangkan downstream dapat mencapai 1 mbps dengan jangkauan kabel 5,5 km.

VDSL (very high-bit-rate digital subscriber line)

VDSL dapat mengirimkan data dengan kecepatan 1,6 mbps dan menerima data dengan kecepatan 25 Mbps pada jarak maksimum 900 m. VDSL memerlukan serat optic untuk transmisi data.

VSAT (very small aperture terminal)

Bagus untuk tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet dimana tidak ada infrastuktur lain, bahkan tidak juga telepon. Visan membentuk piringan besar dan menghadap ke langit. Dengan alat ini maka sinyal digital akan diterima dan dikirimkan ke satelit.

Radio Paket

Radio paket merupakan suatu bentuk komunikasi data / aplikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi. Gelombang radio dapat disebut sebagai medium seperti halnya kabel. Untuk akses internet lewat radio, kita harus menggunakan modem khusus untuk radio.

Modem radio jenisnya bermacam-macam. Modem yang pertama kali dikembangkan adalah TNC (Teriminal Node Controller). TNC dikembangkan pada tahun 1982 dan dirancang sebagai sebuah komputer mini berbasis Zilog Z-80 yang dikelngakpi dengan modem radio. Modem yang kedua adalay Baycom Modem. Modem ini dikembangkan oleh Baycom Group, satu kelompok amatir radio di Jerman. Modem ini berisi modulator-demodulator sederhana berbasis ICTCM 3105 yang dibantu dengan sebuah perangkat lunak packet driver yaitu AX25.COM.

Pengguna jaringan harus menyiapkan sebuah modem radio dan pesawat radio komunikasi. Modem radio tidak sama dengan modem telepon, karena modem radio dirancang khusus untuk mengirimkan / menerima data dari pesawat radio. Pesawat radio komunikasi yang dapat dipakai ada bermacam-macam, contohnya pesawat radio 2 meter VHF (144 MHz) atau lebih populer dengan sebutan HT Handy Takie).

Sekarang kemajuan teknologi ini telah memungkinkan kita untuk menggunakan kartu suara (soundcard) yang dapat digunakan sebagai modem radio paket. Namun kecepatan radio paket ini hanya berkisar antara 1,2 kbps dan 9,6 kbps.

TV Kabel

TV kabel dapat digunakan sebagai saluran untuk mengakses atau koneksi internet. Internet lewat jaringan TV kabel mempunyai beberapa kelebihan disbanding lewat jaringan telepon. Salah satunya adalah akses internet dapat dilakukan selama 24 jam, karena operator TV kabel mengaktifkan jaringan dan pelayanannya selama 24 jam penuh. Jika pelanggan menambah fasilitas internet, para operator TV kabel akan menarik tambahan pada biaya langanan bulanan. Biaya tambahan ini lebih murah disbanding ongkos yang harus dibayar jika menggunakan media saluran telepon selama 24 jam perhari untuk satu bulan. Selain itu, dengan internet kabel, kita tidak perlu lagi melakukan proses dialing seperti yang dilakukan pada jaringan telepon. Tidak ada lagi jawaban nada sibuk (busy tone) saat semua saluran telepon ke ISP sedang padat. Bahkan tidak ada lagi panggilan telepon yang tidak terjawab saat kita sedang akses internet.

Internet kabel menggunakan kabel koaksial sebagai media aksesnya. Pada awalnya kabel koaksial ini hanya digunakan untuk menyalurkan sinyal TV saja. Bahkan dalam beberapa sistem, kabel koaksial hanya dipakai sebagai media untuk mendistribusikan sinyal. Selain itu di sistem lain kabel serat optik ditarik dari perusahaan penyedia layanan TV kabel ke berbagai wilayah utama. Di tempat tersebut kabel serat optik diubah sinyalnya untuk dialirkan menggunakan kabel koaksial ke rumah-rumah pelanggan. Teknologi yang menggabungkan serat optik dan kabel koaksial untuk distribusi pelanggan dikenal dengan teknologi HPC (Hybrid Fiber Coaxial). Teknologi HPC merupakan platform jaringan yang menyediakan tiga saluran sekaligus antara lain saluran TV, akses internet cepat dan telepon.

Kecepatan transmisi data (upstream dan downstream( juga lebih tinggi disbanding transmisi data pada jaringan telepon standar maupun ISDN. Jika kecepatan transmisi data maksimum pada saluran telepon standar sebesar 28,8 kbps, dan pada ISDN sebeswar 1,28 kbps, maka pada jaringan TV kabel dapat mencapai 38 Mbps (Mega bit per detik). Kecepatan transmisi data ini kinerjanya tidak dipengaruhi jauh-dekatnya jarak antara pelanggan dan penyedia layanan. Dengan kecepatan setinggi itu, kita dapat menerima aliran video audio (audio video stream) yang lebih lancar, tidak diam membeku (freeze). Dengan demikian, teleconference dengan live video-audio bersama rekanan kerja atau video-audio chatting dengan keluarga di tempat yang jauh dapat dilakukan dengan nyaman.

Kabel Lisrik (PLC/Power Line Communication)

Kabel listrik adalah alternatif baru untuk akses ke internet. Mampu menyediakan akses cepat hingga 10 Mbps. Dengan akses dial-up yang baru bias mencapai 56 Kbps, misalnya, berarti kecepatan akses PLC mampu mencapai 200 kali lebih cepat.Pengguna juga sekaligus bias menelpon dengan VOIP (Voice Over Internet Protocol), melakukan tranfer data video, dan aktifitas berinternet umumnya.

Modem yang digunakan berbeda dengan jenis modem yang biasa digunakan. Modem ini dalam istilah PLC dikenal dengan adapter. Fungsinya untuk memisahkan sinyal data di kabel listrik menjadi sinyal data yang bias terakses ke komputer. Piranti ini berfungsi menerima juga mengirim sinyal melalui jaringan listrik 230-240 volt. Dari sini akses data internet siap kita manfaatkan.

Teknologi WAP (wireless application protocol)

Sebuah protocol yang memungkinkan para pengguna ponsel dapat mengakses layanan-layanan on-line internet dengan menggunakan built- in browser pada ponsel WAP programming menggunakan bahasa computer yang mirip dengan HTML yng dinamakan wireless markup language tetapi diformat khusus untuk aplikasi website pada peralatan wireless.

WiFi (Wireless Fidelity)

Standar IEEE (Institute of Electrical &Electronics Engineers) 802.11x yaitu teknologi wireless yang mampu menyediakan akses internet dengan bandwith besar, mencapai 11mbps.

Wifi adalah teknologi tanpa kabel yang bekerja seprti telepon seluler di dalam dan di luar rumah tapi masih dalam radius jarak dari base station.

Area di sekitar base station disebut hotspot. Hotspot adalah lokasi yang dilengkapi wifi jadi dapat dipakai orang-orang yang berada di lokasi tersebut untuk mengakses internet menggunakan PDA atau notebook yang memiliki card wifi.

Perangkat Keras Akses Internet/Intranet

Agar kita dapat mengakses internet, kita memerlukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)pemilihan spesifikasi computer disesuaikan dengan kebutuhan kita, namun makin cepat prosesor yang digunakan dalam computer tersebu, maka makin baik pula kecepatan kita mengakses internet. Berikut ini merupakan perangkat keras minimal yang dapat disarankan untuk mengakses internet. Biasanya, tiap ISP memberikan syarat minimal computer kepada pelanggannya disesuaikan dengan layanan yang akan diberikan.

Spesifikasi perangkat keras mminimal yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :

1. processor setara Pentium II, bila diibaratkan sebagai tubuh manusia, processor adalah otaknya. Fungsi processor adalah mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna computer serta memberikan hasil sesuai kehendak sang pemakai.
2. Memory (RAM) 16 MB dan hardisk 2 GB, memory computer (RAM) berfungsi menyimpan data sementara, sedangkan hardisk berfungsi untuk menyimpan data-data seperti pesan, file, gambar, suara, dan programaplikasi.
3. Monitor VGA (Video Graphics Array) yang merupakan standar outpot grafik dasar. Monitor computer berfungsi untuk menampilkan data-data/file, program computer, dan sebagainya dalam bentuk visual sehingga kita bbisa melihat file-file program tersebut.
4. Modem 28.800 bps, modem adalah singkatan dari modulator-demodulator, yaitu alat yang digunakan dan menerimadata dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai proses perubahan sinyal digital dari computer menjadi sinyal analog sehingga dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah sinyal analog tadi menjadi sinyal digital kembali untuk diprosesw selanjutnya oleh computer. Modem terdiri dari dua jenis, yaiotu modem internaldan modem eksternal. Modem internal dipasang di dalam CPU, sedangkan modem eksternal dipasang di luar CPU. Jadi, modem adalah perangkat hardware tambahan (peripheral) untuk computer (baik jenis card/internal, maupun eksternal)
5. Telepon, modem memerlukan saluran telepon untuk melekukan tugasnya. Pada dasrnya, proses saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungannya dengan Internet Service Provider (ISP) sama dengan proses kita menelepon. Jika ada yang meneleponmu saat kamu menggunakan mode, maka dia akan menerima nada sibukdan tidak bias menghubungi kamu. Kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening teleponyang harus kita bayar setiap bulan. Modem yang sangat cepat akan lebih menhemat uang daripada modem yang lambat.
OLEH:IMANSYAH
kls :IX-I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar